Langsung ke konten utama

Mengatasi Windows was unable to complete the format

Saat mencolokan USB dan ada pesan Windows was unable to complete the format tentu sangat menjengkelkan. Apalagi USB tersebut buru-buru dipakai.
Mengatasi Windows was unable to complete the format


Ini adalah masalah yang sering dijumpai oleh pengguna sistem operasi Windows. Entah itu USB flasdisk, memori penyimpanan mp3, memori penyimpanan mp4, atau memori penyimpanan kamera.

Apa yang menyebabkan kesalahan Windows was unable to complete the format ? Mari kita bahas bersama permasalahanya.

Infeksi virus malware
USB drive sangat portable, artinya bisa digunakan kapan saja dengan mudah untuk backup data atau transfer file dari satu komputer ke komputer yang lain. Karena flasdisk sering di colokan ke beberapa komputer yang berbeda bisa mengakibatkan terinfeksi virus. Setiap kali anda mencolokan USB drive ke komputer yang tidak dilindungi oleh anti virus, ini sangat berbahaya bagi flasdisk anda, bisa mengakibatkan kerusakan pada flasdisk.

Perangkat Flasdisk bad sector
Kesalahan lain akibat WIndows tidak bisa melakukan format karena terjadi bad sector pada flasdisk. Flasdisk berisi kumpulan sector-sector kecil untuk media penyimpanan file digital. Bad sector berarti ada bagian sector yang rusak dan tidak bisa terbaca oleh Windows sehingga gagal untuk melakukan format dan pemulihan data yang berada di flasdisk tersebut.

Bad sector pada flasdisk disebabkan oleh beberapa hal seperti, kualitas flas drive yang jelek, terlalu sering di format, defragmentasi yang berlebihan, mencabut USB drive secara langsung ketika masih di gunakan.

Kerusakan pada media penyimpanan USB drive
Kerusakan fisik karena pecah, terbaka, terndam air,r adalah salah satu  penyebab Windows gagal melakukan format. Komputer tidak akan bisa membaca flashdisk yang rusak pada bagian chip.

Service center produk bisa mengganti chip yang rusak jika masih dalam masa garansi. Bila sudah tidak dalam garansi, teknisi profesional dapat mengganti bagian chip yang rusak tapi biayanya jauh lebih tinggi dibanding dengan dengan beli flash memori baru.

Disk write protected
Windows tidak akan bisa melakukan format jika media penyimpanan dilindungi ketika terhubung ke komputer. Ketika anda akan mengkopi file dari flashdisk yang di protek, maka akan muncul pesan "disk write protected".

Itulah beberapa penyebab kerusakan pada flashdisk atau media penyimpanan USB.

Cara mengatasi Windows was unable to complete the format.

Beberapa metode ini tidak bisa diterapkan jika USB anda rusak pada bagian fisik karena pecah, terbakar, atau terendam air.

1. Lakukan format via Mangement Disk
Management Disk disediakan oleh Windows yang berfungsi untuk mengelola partisi disk dalam komputer. Manfaat dari fasilitas ini mampu membuat partisi atau volume baru, memperluas atau mengurangi volume disk, serta menghapus atau memformat partisi disk. Beriku langkah-langkahnya:

  1. Klik kanan pada My Computer dan pilih > Manage, kemudian pada bagian tab sisi kiri cari Mangement Disk. 
  2. Pada bagian tengah anda akan melihat beberapa partisi yang terbaca oleh Windows, pilih Usb drive anda lalu klik kanan USB lalu pilih "Format" . (jika terjadi error, coba lakukan langkah ketiga.
  3. Klik kanan pada USB drive lalu pilih > New Simple Volume, klik next untuk melanjutkan proses sampai selesai.


2. Format dengan Command Promt
Langkah diatas tidak menjamin keberhasilan mengatasi masalah, namun jangan kuatir. Jika anda menggunakan Windows 7, lakukan metode berikut ini:

  • Klik tombol Start lalu ketikan "cmd" pada bagian pencarian, maka akan muncul jendela Command Prompt.
  • Ketikan > diskpart lalu tekan enter, akan ditampilkan volume disk yang aktif.
  • Ketikan > disk 4 (mungkin di komputer anda berbeda, tergantung jumlah partisi hardisk komputer, biasanya yang paling bawah) lalu tekan enter.
  • Selanjutnya ketikan perintah > create primary partition lalu tekan enter.
  • Format flasdisk anda dengan mengetikan perintah > format /FS:FAT32J dan tekan enter.


3. Gunakan Partition Guru
Jika dua metode yang disediakan Windows tidak bisa mengatasi masalah tersebut, coba gunakan pihak ketiga untuk menyelesaikan masalah pada flash memori anda.


Download partisi guru gratis disini.

Postingan populer dari blog ini

Alamat dan No Telp XL Center Mataram Nusa Tengara Barat

Alamat XL Center Pejanggik Alamat: Jl. Pejanggik, Kel. Pejanggik, Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83121 No Telepon: (021) 5795 9906 / (021) 5795 9817 Jam Buka: 08.00-17.00 (Senin-Jumat), 09.00-17.00 (Sabtu &Minggu) Alamat XL Center Mall Episentrum Alamat: Mall Episentrum Mataram Lt. 2, Jl. Sriwijaya No. 333, Punia, Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83127 No Telepon: (021) 5795 9906 / (021) 5795 9817 Jam Buka: 08.00-17.00 (Senin-Jumat), 09.00-17.00 (Sabtu &Minggu)

Kumpulan Template Blogspot Paling Keren Terbaru 2020

Kumpulan Template Blog Paling Keren Terbaru 2020  - Kali ini saya akan berbagi beberapa template Blogger Terbaru yang diantaranya full fiitur  SEO, Responsive, Fast Loading, Minimalist, Keren  Dll. Nah keren kan apalagi tampilan itu juga sangat dibutuhkan dan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pengunjung sebuah web atau Blog. Berikut ini adalah Kumpulan Template Blog Blogger  Paling SEO,Responsive, Fast Loading, Keren, Valid HTML 5 serta cocok untuk semua blog terbaru 2020 dari berbagi situs penyedia template yang sudah saya pilih. Njaplak SEO Blogger Template   Re-Design DOWNLOAD  |  PREVIEW Sang Seo Responsive Blogger Template DOWNLOAD  |  PREVIEW New Minima Colored Redesign DOWNLOAD  |  PREVIEW New Thesis SEO DOWNLOAD  |  PREVIEW Kompi Males Responsive dan Valid HTML5 Blogger Template DOWNLOAD  |  PREVIEW Brosense - Adsense Blogger Template DOWNLOAD  |  PREVIEW Simini - Fastest and SEO Friendly Blogger Tem

Recover Akun Facebook dengan Bantuan Teman

Saat ini banyak tipuan yang digelar oleh orang-orang tertentu untuk mendapatkan akun facebook anda. Maka kehati-hatian saat mengklik sesuatu di facebook sangatlah penting. Tetapi jika sudah terlanjur terjadi dan akun facebook kamu diambil oleh orang lain, maka cara satu-satunya adalah mengambilnya kembali dari tangan yang tidak berhak itu dengan mengunjungi http://facebook.com/hacked  lalu mengikuti langkah-langkah dan petunjuk yang ada disana. Akun facebook dengan email nonaktif dan nomor hangus Ada satu pertanyaan menarik yang diajukan oleh seorang pembaca blog ini. Ia menanyakan bagaimana cara untuk mengambil kembali akunnya, sedangkan  email yang digunakan sudah dinonaktifkan . Hati-hati bagi pengguna email Yahoo!, jika 6 bulan kamu tidak login, maka email tersebut akan dinonaktifkan. Selain email yang nonaktif, ia juga  tidak mentautkan nomor ponsel dengan akun facebooknya. Akhirnya setelah mencoba kesana kemari, saya menemukan cara untuk mengambil kembali kendali aku