Langsung ke konten utama

11 Tips Merawat Jeans Agar Awet

Jeans merupakan salah satu pakaian yang sering digunakan oleh orang-orang termasuk gue juga, dan tentu aja untuk merawat jeans gak sama dengan merawat pakaian lain, karena jeans berbeda dengan kain. Jadi agar jeans kita awet, ada beberapa tips untuk merawatnya:

1. Baca Instruksi pada Label Jeans
Cara paling aman adalah membaca dulu instruksi perawatan yang biasanya tertera pada label di bagian dalam jeans. Biasanya dituliskan cara pencucian, berapa suhu air yang digunakan untuk mencuci dan petunjuk penyetrikaannya.

2. Periksa Jeans Sebelum Dicuci
Pastikan gak ada benda apapun yang tertinggal di dalam kantong jeans anda. Seperti uang kertas, koin, pulpen dsb. Ini supaya mencegah jeans anda terkena serpihan kertas atau tersobek benda tajam saat dicuci.

3. Merendam dengan Air Cuka
Anda bisa merendam jeans anda dengan air dicampur cuka sebelum dicuci. Ini supaya warna jeans anda tetap awet.

4. Balik Jeans Saat Dicuci (Bagian Dalam di Luar)
Jeans akan lebih tahan lama jika dibalik saat dicuci, selain itu warna jeans gak akan cepat pudar.

5. Mencuci Jeans
Mencuci jeans bisa dengan mengunnakan mesin cuci atau dengan tangan. Jika mengunakan mesin cuci, sebaiknya kancingkan dan resleting jeans anda dulu agar bentuknya gak berubah, selain itu anda juga dapat mencuci sekaligus beberapa pakaian yang sama berbahan jeans (maksimal 5 jeans). Terlalu banyak jeans dalam mesin cuci dapat membuat mesin berat sehingga hasilnya tidak bersih maksimal. Ada baiknya juga jika jeans dicuci menggunakan air hangat (jangan terlalu panas) agar kotoran-kotoran yang ada pada jeans bisa hilang, dan juga hindari juga penggunaan pemutih, karena bisa memudarkan warna jeans.

6. Hindari Dry Clean
Proses pencucian dengan dry clean lebih keras daripada penggunaan deterjen dan akan membuat warna dan serat pada jeans cepat rusak.

7. Hindari Mesin Pengering
Hindari mengeringkan jeans dengan mengunakan mesin pengering, karena akan membuat jeans anda mudah menyusut dan kehilangan bentuknya.

8. Menjemur Jeans
Ketika menjemur jeans, jangan di bawah sinar matahari dimana jeans langsung terkena sinar matahari. Hal ini ternyata dapat memudarkan warna jeans. Kebanyakan baju yang berwarna kalau terlalu lama terkena sinar matahari bisa pudar juga. Maka sebaiknya saat penjemuran, jeans dibalik, digantung di tempat yang gak langsung terkena matahari, lalu biarkan diangin-anginkan.

9. Menyetrika Jeans
Saat ingin menyetrika jeans anda, pastikan jeans anda dalam keadaan dibalik dan dalam keadaan kering. Jika jeans disetrika dalam keadaan masih basah atau lembab, hal ini dapat menimbulkan jamur berwarna biru yang bisa membuat jeans mudah rusak.

10. Jeans Jangan Dilipat
Saat ingin menyimpan jeans di dalam lemari, sebaiknya jeans gak dilipat. Simpan dengan cara digantung menggunakan hanger agar terjaga bentuk aslinya dan gak ada bekas lipatan.

11. Jeans Jangan Terlalu Sering Dicuci
Gak perlu mencuci jeans terlalu sering, karena jika terlalu sering akan membuat jeans anda berubah bentuk dan warnanya memudar.

- Beberapa tips tambahan yang gue baca untuk menghilangkan berbagai noda pada jeans:
a. Jika jeans terkena noda tinta: segera menggosoknya dengan alkohol.
b. Jika jeans terkena noda seperti getah: teteskan alkohol pada pada area yang terkena noda. Diamkan selama 5 menit, gosok dengan ibu jari, lalu cuci dengan air dan sabun.
c. Jika jeans terkena noda seperti permen karet: taruh es pada area yang terkena noda. Setelah permen karet membeku, anda bisa mencucinya seperti biasa.
d. Jika jeans terkena noda seperti lumpur: rendam jeans di dalam air hangat, yang telah dicampur dengan detergen. Setelah direndam, anda bisa mencuci jeans anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alamat dan No Telp XL Center Mataram Nusa Tengara Barat

Alamat XL Center Pejanggik Alamat: Jl. Pejanggik, Kel. Pejanggik, Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83121 No Telepon: (021) 5795 9906 / (021) 5795 9817 Jam Buka: 08.00-17.00 (Senin-Jumat), 09.00-17.00 (Sabtu &Minggu) Alamat XL Center Mall Episentrum Alamat: Mall Episentrum Mataram Lt. 2, Jl. Sriwijaya No. 333, Punia, Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83127 No Telepon: (021) 5795 9906 / (021) 5795 9817 Jam Buka: 08.00-17.00 (Senin-Jumat), 09.00-17.00 (Sabtu &Minggu)

Kumpulan Template Blogspot Paling Keren Terbaru 2020

Kumpulan Template Blog Paling Keren Terbaru 2020  - Kali ini saya akan berbagi beberapa template Blogger Terbaru yang diantaranya full fiitur  SEO, Responsive, Fast Loading, Minimalist, Keren  Dll. Nah keren kan apalagi tampilan itu juga sangat dibutuhkan dan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pengunjung sebuah web atau Blog. Berikut ini adalah Kumpulan Template Blog Blogger  Paling SEO,Responsive, Fast Loading, Keren, Valid HTML 5 serta cocok untuk semua blog terbaru 2020 dari berbagi situs penyedia template yang sudah saya pilih. Njaplak SEO Blogger Template   Re-Design DOWNLOAD  |  PREVIEW Sang Seo Responsive Blogger Template DOWNLOAD  |  PREVIEW New Minima Colored Redesign DOWNLOAD  |  PREVIEW New Thesis SEO DOWNLOAD  |  PREVIEW Kompi Males Responsive dan Valid HTML5 Blogger Template DOWNLOAD  |  PREVIEW Brosense - Adsense Blogger Template DOWNLOAD  |  PREVIEW Simini - Fastest and SEO Friendly Blogger Tem

Download Kumpulan Lagu Ost My Girlfriend Is a Gumiho Lengkap

Artist  : - Album  : Ost. My Girlfriend Is a Gumiho Genre  : K-Pop Size  : - File Format  : Mp3 Audio My Girlfriend Is a Nine-Tailed Fox (Hangul: 내 여자친구는 구미호; RR: Nae Yeojachinguneun Gumiho; also known as My Girlfriend Is a Gumiho) is a 2010 South Korean romantic comedy television series starring Lee Seung-gi and Shin Min-ah.[1] It aired on SBS from August 11 to September 30, 2010 on Wednesdays and Thursdays at  for 16 episodes. selain ceritanya yang sangat menarik k-drama yang satu ini soundtracknya juga bagus-bagus, dan pada kesempatan ini saya akan share lagu ost My Girlfriend Is a Gumiho untuk Anda semua. Terima kasih. (dalam proses upload0 Lee Seung Gi - Losing My Mind    [Download] Lee Sun Hee - Fox Rain    [Download] Lee Seul Bi - The Person I Love    [Download] LYn - Two As One    [Download] Shin Min Ah - Sha La La    [Download] No Min Woo - Trap    [Download] Park Hong - Look At Me    [Download] Shin Min Ah - I can Give You All    [Download]